Sehat Psikologis Untuk Memperoleh SIM Di Polres Jembrana

Bagi masyarakat yang hendak melakukan perpanjangan maupun proses SIM baru di Polres Jembrana, diwajibkan untuk mengikuti test psikologi. Selain sebagai persyaratan administrasi, test psikologis ini mempunyai peran untuk mengukur tingkat emosi termasuk stabilitas emosi pengendara pada saat berada di bawah tekanan ketika berkendara di jalan.

“Kepemilikan SIM bukanlah satu-satunya faktor yang menjamin keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Faktor lainnya adalah kondisi si pengemudi itu sendiri. Apakah dia dalam keadaan sehat jasmani dan rohani atau tidak? Test psikologi ini diharapkan sebagai langkah preventif guna terciptanya Kamseltibcarlantas,” terang petugas pencerahan Aiptu I Putu Budi Arnaya.

Selain itu dalam pencerahannya Aiptu I Putu Budi Arnaya mengingatkan dan menghimbau kepada para pemohon SIM untuk tetap disiplin dan tetap menahan emosi saat berkendara, serta tetap tidak terprovokasi terhadap prilaku pengendara lain yang tidak memenuhi aturan berkendara.

Sementara itu Kanit Reg Ident Satlantas Polres Jembrana, IPTU I Made Arie Tara Kumalasari, S.T.K. menegaskan kalau pengaruh psikologi pengendara mempunyai peran penting untuk terwujudnya Kamseltibcarlantas.

“Selain pengemudi terampil dalam berkendara, seorang pengemudi juga harus mempunyai soft kill dalam berkendara yaitu melalui tes psikologi. Test Psikologi ini untuk mendeteksi perilaku berisiko dalam berkendara, kemudian mengukur persepsi terhadap peraturan lalu lintas,” tegas Iptu I Made Arie. (SIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *